Presiden Joko Widodo Hadiri Jamuan Santap Malam Dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

 



HARIANMERDEKA.ID|Washington DC - Pada jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, pada Kamis malam, 12 Mei 2022 waktu setempat (WS) atau Jumat pagi, 13 Mei 2022 waktu Indonesia.

Sembari membalas toast Presiden Biden, saya menyampaikan bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif -- sebuah status kemitraan yang paling tinggi.

Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak Presiden Biden dan semua yang hadir, mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan.



Presiden Joko Widodo mengatakan, "saya diberi kehormatan untuk berbicara pada kesempatan pertama.  Seusai memperkenalkan para pemimpin ASEAN yang hadir, saya mengajak Amerika Serikat untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas dan kerjasama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik". 

"saya juga menyinggung soal perang di Ukraina yang menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa, berdampak pada ekonomi dunia termasuk memicu kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi. Jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan dan unilateralisme dikedepankan, maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain, termasuk di Indo-Pasifik. Karena itulah, saya mengajak AS untuk terus menjadi mitra strategis ASEAN yang saling menguntungkan", tutup Presiden Joko Widodo


0 Komentar

close